Sabtu, 26 November 2016

Jenis dan Macam Makanan Bagi Penderita Thypus

Penyakit thypoid atau typus sudah ada sejak beratus-ratus tahun lalu. Penyakit ini dominan disebabkan oleh kurangnya perhatian masyarakat dan pasien akan kebersihan lingkungan, sehingga bakteri salmonella pun akhirnya menginfeksi sang korban dan menyebabkan berbagai gejala penyakit thypus.

Ada pun penyakit thypus biasanya diawali dengan gejala-gejala ringan seperti menurunnya nafsu makan, lesu, tidak enak badan, nyeri otot, batuk, dan perut kaku, lalu disambung dengan gejala yang lebih berat seperti mual-mual, diare, demam panjang, dan bahkan gangguan kesadaran. Saat menyadari gejala-gejala di atas, makanan penderita thypus hendaknya lebih diperhatikan untuk menghindari semakin parahnya masalah kesehatan yang dialami.


Berbeda dengan penyakit lainnya yang umumnya menyarankan sang pasien untuk bebas memakan aneka macam buah-buahan dan sayuran, pada kasus thypoid, tidak semua buah dan sayur diperbolehkan untuk dikonsumsi pasien. Oleh karenanya Anda harus tahu mana makanan penderita typus yang diperbolehkan dan mana yang tidak, sehingga perawatan Anda akan maksimal. Ini juga penting bagi Anda yang akan menjenguk kerabat yang terkena thypus agar tidak salah dengan membawakan makanan yang ternyata tidak baik bagi penyakit mereka.

Ada banyak jenis makanan bagi penderita thypus, untuk memudahkan dalam menentukan mana yang boleh dan tidak, makanan tersebut harus memenuhi kriteria sebagai berikut : 

  1. Makanan penderita typus haruslah mengandung kada cairan yang cukup, serta juga memiliki kandungan kalori, vitamin dan protein.
  2. Makanan tersebut haruslah bebas dari kandungan serat
  3. Makanan tersebut tidak mengandung atau mengakibatkan produksi gas di dalam tubuh
  4. Makanan tersebut lunak dan mudah dicerna oleh tubuh
  5. Makanan tersebut tidak mengandung susu atau merupakan olahan dari bahan dasar susu
  6. Makanan tidak memiliki kandungan lemak yang tinggi, tidak terlalu asin, asam, manis, pedas, dan berbumbu tajam
 
Dan dengan kriteria di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa jenis makanan penderita thypus yang diperbolehkan diantaranya adalah : 

  • Buah : Pastikan buah-buahan yang dipilih tidak mengandung serat, lembut, rasanya tidak tajam, dan merupakan jenis yang tidak dimakan dengan kulitnya, seperti papaya, pisang, alpukat, dan sebagainya. Yang patut dihindari yaitu apel, jeruk, durian, jambu, dan lain-lain.
  • Sayur : Pilihlah sayuran berserat rendah seperti kacang panjang, tomat, bayam, wortel, dan lain-lain.
  • Protein : Untuk protein nabati, bisa diberikan makanan berupa tempe (tim halus) dan tahu. Sedangkan sumber protein hewani yang diperbolehkan sebagai makanan penderita typus diantaranya adalah hati ayam rebus, ikan (rebus/kukup), telur rebus, dan lain-lain.
  • Karbohidrat : Bubur beras, kentang rebus, pudding, dan bubur tepung.
Dengan mengetahui apa saja jenis makanan penderita typus dan yang harus dihindari, diharapkan akan memberikan pengetahuan yang lebih dalam kepada masyarakat tentang bagaimana merawat seseorang yang terserang penyakit tersebut. Masih banyak anggapan masyarakat yang mengatakan bahwa penderita typus sama sekali tidak boleh mengkonsumsi buah-buahan. Hal itu tidak benar dan faktanya ada banyak jenis buah-buahan yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita typus seperti yang telah disebutkan diatas.

0 komentar:

Posting Komentar